Sejarah

PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUJAHIDIN SURAKARTA

MUQODDIMAH

Pondok Pesantren Islam Al-Mujahidin Surakarta adalah lembaga pendidikan Islam. Sistem pendidikan dan pengajaran yang dikembangkan di lembaga ini adalah perpaduan antara sistem pesantren tradisional dengan pendidikan moderen yang berkembang saat ini.

Sejak awal berdirinya, para pendiri pesantren telah menegaskan bahwa pondok pesantren Al-Mujahidin Surakarta sebagai pondok milik umat atau milik seluruh lapisan masyarakat Islam. Hal ini didasarkan pada keikutsertaan dan andil dari seluruh lapisan umat Islam dalam membangun dan mengembangkan keberadaan pesantren tersebut sejak awal proses berdirinya sampai saat ini.

Pondok Pesantren Islam Al-Mujahidin merupakan pondok yang mandiri, tidak berada dibawah (underbouw) organisasi atau kelompok tertentu, tidak berafiliasi pada golongan atau jam'iyah tertentu, dan tidak berdiri pada satu sekte tertentu. Ia berdiri ditengah-tengah serta bersikap mengambil jarak yang sama dengan berbagai golongan maupun organisasi yang ada dan berkembang di masyarakat.

Dengan demikian subtansi ajaran Islam yang menjadi basic sistem pendidikan dan pengajaran di pesantren Islam Al-Mujahdin senantiasa bertumpu pada Al-Qur'an dan Sunah Shohihah yang difahami secara kaffah (universal), Syumuul (komprehenship) dan mutakaamil (integratif). Dengan cara pandang ini diharapkan para alumnus pondok pesantren Islam Al-Mujahidin menjadi generasi yang kritis dan taktis sehingga tidak mudah terjebak dalam sikap fanatisme golongan dan tidak taqlid buta (mengekor atau mengikuti pendapat orang lain yang tidak dilandasi kebenaran).

GAMBARAN UMUM

Pondok Pesantren dan Asuhan Yatim Miskin Al Mujahidin Surakarta adalah lembaga pendidikan Islam dengan sistem pendidikan yang memadukan antara sistem kepesantrenan dengan pendidikan modern.

Pondok Pesantren dan Asuhan Yatim Miskin Al Mujahidin Surakarta merupakan pondok/lembaga yang mandiri, tidak berada dibawah organisasi atau kelompok tertentu dan tidak berafiliasi pada golongan atau jami`iyah tertentu.

Pondok Pesantren dan Asuhan Yatim Miskin Al Mujahidin Surakarta adalah milik umat Islam, karena dalam membangun dan mengembangkan pesantren melibatkan seluruh lapisan masyarakat islam.

Pondok Pesantren dan Asuhan Yatim Miskin Al Mujahidin Surakarta Berdiri di Kalurahan Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Jawa Tengah-Indonesia pada tanggal 15 Desember 1990. Dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al Mujahidin dengan nomor akte Notaris No. 3 Tanggal 22 Pebruari 1980. Pondok Pesantren Al Mujahidin ini berdiri diatas areal tanah seluas 2.603 m2 yang merupakan tanah Wakaf.

SEJARAH

Tahun 1990 bulan juli ada rapat masyarakat muslim banyuanyar kota solo yang intinya ingin mendirikan sekolahan Islam, karena tanah disamping SMPN 23 akan dibuat sebuah gereja. Maka dalam rapat tersebut muncul gagasan dari masyarakat muslim banyuanyar untuk membuat sebuah pondok pesantren, tetapi diantara masyarakat belum ada yang berpengalaman tentang pendirian pesantren.

Salah satu peserta rapat ada Bp. H. Soeparno ZA, yang pada waktu itu duduk di posisi wakil ketua yayasan pendidikan islam Al Mujahidin banyuanyar, beliau mengusulkan untuk kerja sama dengan pesantren yang sudah ada, dan diusulkan untuk kerjasama dengan pesantren Al Mukmin Ngruki. Akhirnya sepakat pesantren yang didirikan nanti diberi nama Pondok Pesantren Al Mujahidin.

Masyarakat setuju dan menunjuk Bp. H. Soeparno ZA, untuk menjadi ketua panitia pendirian pondok pesantren dengan anggota tokoh-tokoh muslim kampung Banyuanyar antara lain : H. Abdani Ch, H. M. Iskak BA, H. Mahmud, BA, H. Supangat, BA, H. Showam BA dan beberapa yang lain.

Kemudian langkah selanjutnya adalah mencari dana untuk pendirian lokal pesantren, dengan diadakan acara pengajian akbar dan pencarian penggalangan dana, yang antara lain mubaligh terkenal : H. Zainudin MZ, Alifudin El Islamy (China muslim), Ginanjar (Da'i cilik Jabar) dan lain lain. Terkumpul dana kemudian mulailah membangun empat lokal, satu untuk rumah kepala pondok, satu untuk kantor, satu untuk kelas, dan satu lagi untuk asrama.

Kepala Pondok Pesantren Islam Al Mujahidin pertama yang ditunjuk oleh peserta rapat adalah salah satu generasi pemuda kampung lulusan Madrasah Aliyah Al Mukmin Ngruki yang (tahun 1990) pada waktu itu masih menempuh kuliah di IAIN dan UGM Yogya, yaitu Nurdin Urbayani.

Murid / siswa pertama diterima tahun 1992 M terdapat 27 santri dari berbagai propinsi di seluruh Indonesia, termasuk limpahan pendaftar dari pondok pesantren Islam Al Mukmin Ngruki.

VISI

1.Menjadi pesantren unggulan dan terkemuka di Indonesia

2.Menjadi tempat berlatih generasi muslim dalam bidang keilmuan dan ketrampilan

3.Memiliki santri yang tangguh dan sholeh, tangguh di bidang ilmu dan fisik serta sholeh akhlaqnya

MISI

1. Mendidik generasi muslim agar menjadi pribadi yang lurus iman, berwawasan ilmu pengetahuan yang luas, berakhlaq mulia dan memahami islam secara kaffah

2. Melatih generasi muslim dengan bekal ketrampilan hidup ( life skill ) yang memadai

3. Melatih generasi muslim agar selalu membela Agama Islam dan berjuang fiesabilillah dengan harta dan nyawa di segala bidang kehidupan

TUJUAN

Pondok Pesantren dan Asuhan Yatim Miskin Al Mujahidin Surakarta didirikan dalam rangka memfasilitasi anak-anak Islam yang kurang mampu dalam menempuh pendidikan serta mendidik generasi muslim yang sholeh, sehingga nantinya diharapkan menjadi generasi yang beriman, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan yang luas dan mampu memahami Islam secara lengkap/kaffah.

PENJELASAN

Untuk menjelaskan Visi, Misi,dan Tujuan Pesantren ditempuh dua langkah strategis dalam bentuk:

1. Penjelasan Detail
Langkah ini diambil agar substansi Visi, Misi, dan Tujuan Pesantren dapat dipahami secara utuh dan jelas oleh segenap strek holder Pesantren, baik Guru, Karyawan, Santri, Wali santri, dan Masyarakat/Umat. Untuk kepentingan ini disusun Profil, Khiththoh dan Tata Tertib Pondok oleh Tim Khusus.
2. Sosialisasi Praktis, Efektif, dan Efesien

Subtansi Visi, Misi, dan Tujuan perlu disosialisasikan dalam bentuk :

a. MOTO
Moto yang disosialisasikan adalah : "SHOLIH, CERDAS, DAN MANDIRI"

b. Indikator Keberhasilan Pendidikan
Keberhasilan proses pendidikan pesantren ditandai dengan karakter uot put santri :
1. Beraqidah As Salimah
2. Beribadah Ash Shohihah
3. Bertafaqquh Fiddin
4. Berakhlaqul Karimah
5. Berwawasan Ilmu Pengetahuan yang luas
6. Berbadan sehat
7. Trampil dan mandiri
8. Bersedia Berjihad Fi Sabilillah

c. Ruh Proses Pendidikan Pesantren
Seluruh proses pendidikan di Pesantren harus dilandasi pada satu kesatuan ruh/spirit yang dinamakan
"Panca Jiwa Pesantren"

Panca jiwa Pesantren :
1. Keikhlasan
2. Kesederhanaah
3. Kemandirian
4. Ukhuwah Islamiyah
5. Kesediaan Berkorban

KURIKULUM

Kurikulum Pondok Pesantren Islam Al Mujahidin adalah gabungan antara kurikulum SMP ditambah MTs dan digabung dengan Kurikulum PESANTREN. Sehingga santri mendapatkan pelajaran sekitar 30 - 45 pelajaran dengan tatap muka sebanyak 60 jam pelajaran dalam seminggu. (Jam 07:00 – 17:00)


PENDANAAN

Saat ini terdapat ± 70 santri putra tingkat SLTP / MTs yang belajar. Diasuh oleh 10 Ustadz tetap dan 7 Guru tidak tetap. Saat ini minus masih mencapai 2 hingga 4 juta pada setiap bulan-Nya. Dari mana kekurangan tersebut diperoleh, Allah SWT Maha kaya, Zakat, Infaq, dan Shodaqoh dari masyarakat sedikit banyak mengurangi beban defisit operasional pesantren. Hal ini belum ditambah jikalau melihat data bahwa ± 35% anak terlambat membayar Syahriyah (SPP / bulanan) antara 5 hingga 10 bulan.


KONTAK

Bagi siapa saja yang menyempatkan untuk membaca profil pondok pesantren Islam Al Mujahidin ini dan ingin menyalurkan bantuannya berupa Zakat, Infak, Shodaqoh ( ZIS ) atau berupa apapun dapat menghubungi kami melalui Email: mts.almujahidinsolo@gmail.com. Telepon ( 0271 ) 717847 ( Ust Sabarudin, S.Psi dan Ust. Supriyono, S.Pd.I ), atau bisa datang langsung di Pondok Pesantren dengan Alamat: Jl. Adi Sumarmo. Gang Galuh I No. 5. Rt/Rw 03/06. Banyuanyar, Banjarsari, Surakarta.


NO REKENING UNTUK ZIS

1) Bank Syariah Mandiri (BSM) Cab Solo No. 0120145550 an Sabarudin qq PP Al Mujahidin.

2) Bank BNI Syariah Cab Solo No. 0109542419 an H. Nurdin Urbayani

0 Response to "Sejarah"

Posting Komentar

silahkan beri komentar anda

BThemes